Jumat, 20 Juni 2014

Minumlah Cukup Air Putih



Hindarkanlah Minuman Berpengawet, Beraroma dan Berasa
 
KEBUTUHAN tubuh akan cairan memang tidak bisa dibantah. Cairan sangat penting dalam memelihara keseimbangan dan proses metabolisme tubuh. Bila asupan cairan ke dalam tubuh tidak seimbang dengan pengeluaran, maka dipastikan tubuh kita akan mengalami gangguan ataupun dehidrasi.

Dalam memenuhi kebutuhan cairan, sebaiknya pilihlah minuman yang baik dan tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan. Salah satu yang terbaik tentunya adalah AIR PUTIH, meski faktanya cairan ini kalah populer ketimbang minuman beraroma dan beraneka rasa serta berpengawet yang beredar luas di pasaran.

Supaya kita tidak meremehkan khasiat air putih, berikut adalah beberapa fakta ilmiah betapa kebiasaan minum cukup air putih setiap hari penting bagi tubuh.

Mempertahankan Keseimbangan Cairan Tubuh: Fakta medis menunjukkan bahwa tubuh manusia 60-70 persennya terdiri dari cairan. Fungsi-fungsi cairan ini adalah untuk proses pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi air ludah, transportasi nutrisi, dan mempertahankan suhu tubuh.

Memelihara Fungsi Ginjal: Cairan tubuh merupakan media yang juga mentransportasikan sisa atau limbah untuk keluar dan masuk ke dalam sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, sejenis cairan yang dapat melewati ginjal untuk kemudian diproses dan dieksresikan dalam bentuk urine.

Ketika tubuh memiliki cukup cairan, urine akan mengalir bebas, jernih, dan bebas bau. Ketika tubuh tidak punya cukup cairan, konsentrasi urine, warna, dan bau akan lebih kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Tak heran bila kita minum sedikit air, risiko kita mengalami batu ginjal akan meningkat terutama pada iklim hangat atau panas.

Menjaga Fungsi Normal Usus: Asupan cairan yang cukup akan membuat makanan yang melewati saluran cerna dapat mengalir lancar dan mencegah terjadinya konstipasi. Ketika kita tidak punya cukup cairan, usus akan menyerap cairan dari feses atau tinja untuk tetap menjaga hidrasi. Akibatnya, buang air besar kita akan bermasalah.

Membantu Kendalikan Kalori: Sejak lama, orang yang sedang menjalani program diet melakukan kebiasaan banyak minum air putih sebagai strategi menurunkan berat badan. Meskipun air tidak menghasilkan efek magis, menggunakannya sebagai pengganti minuman berkalori tinggi tentu saja akan sangat membantu.

Menjaga Fungsi Otot: Sel-sel yang tidak mampu mempertahankan keseimbangan akan cairan dan elektrolit akan berakibat pada kelelahan otot. Ketika sel-sel otot tidak memiliki cairan yang cukup, mereka tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya berkurang.

Jadi, biasakan minum air putih dengan porsi yang cukup. ***

(Disarikan dari sejumlah sumber).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar